Hubungan Dukungan Suami dengan Motivasi Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Wonosobo Kecamatan Srono Banyuwangi

  • Lina Agustiana Puspitasari Program Studi Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
  • Hendrik Probo Sasongko Program Studi Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
Keywords: Asi Ekslusif, Dukungan suami, Motivasi

Abstract

Salah satu faktor untuk mencegah kematian bayi yaitu dengan Asi Eksklusif. Asi Eksklusif merupakan salah satu program yang cukup sulit dikembangkan karena berkaitan dengan berbagai permasalahan sosial dan budaya dimasyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dukungan suami dengan motivasi ibu dalam pemberian Asi Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Wonosobo kecamatan Srono Banyuwangi.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan retrospective dan jenis penelitian Survey Analitik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1136 ibu yang mempunyai anak usia >6-2 tahun dan sampel sebanyak 118 responden yang diambil dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu Accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dan analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank.
Hasil penelitian dari 118 responden dapat diketahui jumlah dukungan suami dengan kategori baik sebanyak 58 responden (49,15%) dan 60 responden (50,85%) kurang mendapat dukungan suami. Sedangkan jumlah responden yang termotivasi dalam pemberian ASI Eksklusif sebanyak 54 responden (45,76%) dan ibu yang tidak mempunyai motivasi dalam pemberian ASI Ekskluisf sebanyak 64 responden (54,24%) dengan nilai R-hitung 0,413 lebih besar dari pada R-tabel 0,1809 H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan bermakana antara dukungan suami dengan motivasi ibu dalam pemberian ASI Eksklusif.
Kesimpulan terdapat hubungan dukungan suami dengan motivasi ibu dalam pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Wonosobo Kecamatan Srono. Diharapkan bagi ibu untuk bisa meningkatkan pengetahuan tentang Asi Eksklusif dan adanya upaya untuk mempertahankan dalam pemberian Asi Eksklusif khususnya dalam motivasi ibu untuk memberikan Asi Eksklusif agar kesehatan ibu dan bayinya meningkat. Dan perlu adanya dukungan suami dalam merawat bayi karena merupakan faktor yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Author Biography

Hendrik Probo Sasongko, Program Studi Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida

Dosen Program Studi Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida

Published
2020-01-01
Section
Articles