Gambaran Karakteristik Pasien Hemodialisis di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

  • Erna Melastuti Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Hayatun Nafsiah Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Ayi Fachrudin Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Keywords: Penyakit Ginjal Kronik, Hemodialisis, karakteristik pasien

Abstract

Hemodialisis merupakan terapi yang paling umum untuk pasien ESRD (End State Renal Disease) untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran karaktersitik pasien hemodialisa sehingga dapat diketahui kondisi pasien untuk menentukan masa depan pengobatan mereka. Ketepatan dalam pengobatan akan mempengaruhi keberhasilan pengobatan, kesehatan secara keseluruhan dan kualitas hidup pasien yang menjalani hemodialisis
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi langsung. Jumlah responden sebanyak 30 responden. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan distribusi Frekuensi.
Hasil didapatkan bahwa karakteristik responden yaitu usia terbanyak 46-55 tahun sebesar (36.7%), jenis kelamin laki-laki sebesar (56.7 %), tingkat pendidikan SMA sebesar (46.7%), lama menjalani hemodialisis 29-52 bulan sebesar (36.7%), pekerjaan wiraswasta sebesar (43.3%), penyulit terkait dengan dukungan sosial yaitu tidak mengalami penyulit sebesar (73,3%), komplikasi intradialisis mengalami komplikasi sebesar (100,0%), dukungan sosial dengan dukungan sosial tinggi sebesar (60,0%), kepatuhan menjalani hemodialisis dengan hasil patuh sebesar (86,7%).

Published
2018-01-02
Section
Articles