Pengaruh Pembelajaran Tabletop Disaster Exercise (TDE) terhadap Pengetahuan Mahasiswa S1 Keperawatan dalam Memberikan Penatalaksanaan Korban pada Simulasi Tanggap Darurat Bencana
Abstract
Besarnya kejadian bencana pada saat ini menuntut perawat memaksimalkan perannya sebagai disaster nursing dalam tanggap darurat bencana sesuai dengan standar International Council of Nursing (ICN). Salah satu cara untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan meningkatkan kesiapsiagaan secara dini yang dilakukan kepada mahasiswa keperawatan melalui pendidikan bencana. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran bencana yang efektif dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pembelajaran tabletop disaster exercise (TDE) terhadap pengetahuan mahasiswa S1 Keperawatan.
Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan menggunakan rancangan pre-post test with control group design. Sampel yang digunakan adalah 36 responden, sehingga masing-masing 18 responden pada kelompok kontrol dan perlakuan. Kelompok perlakuan akan diberikan pembelajaran simulasi TDE, sedangkan kelompok kontrol diberikan modul dan simulasi standar.
Hasil uji t-test berpasangan penelitian menunjukkan peningkatan nilai pengetahuan yang signifikan sebelum dan setelah pemberian intervensi TDE pada masing-masing kelompok menunjukkan nilai (p = 0,000). Sedangkan hasil uji t- test tidak berpasangan untuk mengidentifikasi perbedaan selisih rerata skor pengetahuan pada kedua kelompok didapatkan nilai (p = 0,000). Hal ini artinya terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh pembelajaran simulasi TDE dan metode simulasi standar terhadap pengetahuan mahasiswa.
Maka metode Tabletop Disaster Exercise (TDE) dapat dikembangkan pada pembelajaran keperawatan bencana untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.