Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Ekg Lethal Arrhythmia Model Kooperatif Jigsaw dan Metode Ceramah terhadap Pengetahuan pada Mahasiswa S1 Keperawatan
Abstract
Pengetahuan perawat tentang EKG lethal arrhythmia perlu diperhatikan. Berbagai penelitian menunjukkan kurangnya pengetahuan perawat dan mahasiswa keperawatan dalam melakukan interpretasi irama EKG. Suatu inovasi diperlukan dalam pembelajaran interpretasi EKG lethal arrhythmia yang dapat meningkatkan pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengaruh pembelajaran EKG lethal arrhythmia model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap pengetahuan mahasiswa S1 Keperawatan.
Penelitian menggunakan desain quasi experimental dengan rancangan non equivalent control group pre test-post test design. Responden sebanyak 40 mahasiswa yang diperoleh dengan purposive sampling dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok perlakuan diberikan pembelajaran EKG lethal arrhythmia model kooperatif jigsaw dan kelompok kontrol diberikan metode ceramah.
Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji t tidak berpasangan p=0,916 (p>0,05), yang maknanya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pengaruh pembelajaran EKG lethal arrhythmia model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap pengetahuan mahasiswa S1 Keperawatan. Tetapi kedua metode pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa S1 Keperawatan tentang EKG lethal arrhythmia secara signifikan. Diharapkan perawat sebagai pendidik dapat memilih dan melaksanakan metode pembelajaran EKG lethal arrhythmia dengan tepat.