Penggunaan Model Pembelajaran NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Bahasa Inggris Prodi DIII Keperawatan Akademi Kesehatan “Rustida”
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai tes harian Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada pokok bahasan Noun, Pronoun, Verb, Adverb, Adjective, Preposition, Interjection, Determiner, Preposition and Conjunction in the sentences dengan menggunakan metode pembelajaran Number Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2014 sampai Januari 2015, bertempat di Prodi D.III Keperawatan Kelas IA Akademi Kesehatan Rustida.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif terhadap data berupa nilai hasil tes dan observasi non tes mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode NHT, suasana pembelajaran lebih kondusif dan hasil belajar mahasiswa menglami peningkatan. Terlihat dari rata-rata nilai tes harian mahasiswa sebelum penerapan metode NHT sebesar 56. Kemudian, setelah pelaksanaan model pembelajaran NHT siklus I, rata-rata nilai tes sebesar 59, pada siklus II nilai tes meningkat sebesar 2 poin menjadi 61, dan pada siklus ke III rata-rata nilai sebesar 66. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran model NHT dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris.