Hubungan antara Kompetensi Dosen dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan “Rustida” Banyuwangi

  • Eko Prabowo Prodi D.III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
Keywords: Kompetensi Dosen, Prestasi Belajar

Abstract

Dalam era globalisasi yang sarat dengan muatan kompetisi diperlukan kemampuan yang dapat menjadikan suatu lembaga pendidikan tetap eksis, sehingga mampu menghadapi tantangan dan hambatan. Lembaga pendidikan akan mampu bersaing bila dapat meningkatkan serta mempertahankan mutu dalam pelayanan pendidikan. Pelayanan yang bermutu dapat tercapai, salah satunya adalah tersedianya sumberdaya manusia sesuai dengan kualifikasi akademik yang sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan pemerintah. Selain itu perlu juga kompetensi pedagogik dosen harus diimplementasikan secara nyata.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kompetensi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa di Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan “Rustida” Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Pada penelitian ini populasinya adalah mahasiswa tingkat 2 Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan “Rustida” sebanyak 89 orang mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 89 orang mahasiswa. Peneliti menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan observasi nilai. Teknik analisa data menggunakan regresi linier sederhana.
Dari penelitian diperoleh hasil ada hubungan antara kompetensi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 yaitu
0,045. Sementara itu hasil korelasi dapat nilai r hitung. Nilai r hitung sebesar 0,772, yang ketika dibandingkan dengan koefisien korelasi, maka hubungan antara variabel X dan Y dalam kategori kuat karena berada pada rentang 0.60-0.799. Koefisien determinasinya (KD) menunjukkan nilai sebesar 59,6 atau sebesar 59,60% (dibulatkan 60%) dari hasil (r2 x 100%). Artinya variasi perubahan indeks prestasi dipengaruhi oleh kompetensi dosen sebesar 60% dan sisanya 40% dipengaruhi faktor lain selain kompetensi dosen.
Kompetensi dosen cukup menentukan prestasi mahasiswa. Untuk itu selalu update pengetahuan dan terapkan berbagai macam strategi pembelajaran yang sesuai dengan tema dan usahakan untuk terjadinya proses interaktif antara mahasiswa dengan mahasiswa dan dosen. Terapkan sistem pembelajaran yang mampu memicu keaktifan mahasiswa, karena kondisi tersebut mampu memicu semangat mahasiswa dan menghilangkan kejenuhan dan kebosanan.

Published
2015-01-05
Section
Articles