Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah
Abstract
Kemandirian didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengelola tindakan, waktu, keputusan, resiko, dan semua kegiatan secara mandiri tanpa mendapat bimbingan dari orang lain. Pola asuh orang tua adalah bagian penting dari kemandirian seorang anak. Dan terbentuknya karakter pada anak prasekolah sangat dipengaruhi oleh pola asuh. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pola asuh orang tua, mengidentifikasi tingkat kemandirian anak dan menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Data yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan presentase kemudian dianalisis dengan menggunakan uji sperman rank. Cara pengambilan sample dengan cara total sampling. Sample yang digunakan sejumlah 100 orang tua siswa. Hasil penelitian diperoleh pola asuh orang tua yang mendominasi yaitu pola asuh demokratis menunjukkan 63%, kemandirian anak menunjukkan yang paling banyak yaitu tingkat rendah 52%. Dengan hasil uji analisis sperman rank didapat hasil signifikasi 0,673 (p 0,05). Maka menunjukkan tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak prasekolah.