Hubungan antara Strategi Pembelajaran dan Hubungan Interpersonal dengan Sikap Belajar Mahasiswa di Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi Tahun 2013

  • Eko Prabowo Prodi D.III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
  • Anis Yuliastutik Prodi D.III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
Keywords: Sikap Belajar, Hubungan Interpersonal, Strategi Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran merupakan segala usaha yang dilakukan seorang pendidik agar terjadi belajar pada diri siswanya. Perubahan sikap dapat diamati dalam proses pembelajaran, tujuan yang ingin dicapai, keteguhan, dan konsistensi terhadap sesuatu.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara strategi pembelajaran dan hubungan interpersonal dengan sikap belajar mahasiswa di Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi D III Keperawatan AKERustida sebanyak 263 orang mahasiswa. Sedangkan sampelnya adalah sejumlah 40 orang mahasiswa dipilih dari tingkat I, II, dan III tahun akademik 2012-2013 dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian variabel strategi pembelajaran secara parsial tidak signifikan hubungannya dengan sikap belajar mahasiswa karena nilai probabilitasnya lebih besar dari 0,05 yaitu 0,495, variabel hubungan interpersonal secara parsial mempunyai hubungan dengan sikap belajar mahasiswa dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.040, dan variabel strategi pembelajaran dan hubungan interpersonal secara bersama-sama berhubungan tidak signifikan dengan sikap belajar mahasiswa, hal ini diketahui nilai probabilitasnya sebesar 0,090. Angka probabilitas ini lebih besar dari tingkat signifikan 0,05 (5%). Hipotesis ketiga dalam penelitian ini adalah variabel hubungan interpersonal (X2) memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan variabel strategi pembelajaran (X1) terhadap sikap belajar mahasiswa (Y) Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi. Variabel hubungan interpersonal memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,158 dengan signifikansisebesar 0,040. Sedangkan variabel strategi pembelajaran memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,048 dengan signifikansi sebesar 0,495.
Sifat professional dosen cukup menentukan sikap belajar mahasiswa. Untuk itu selalu update pengetahuan dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan tema karena dapat meningkatkan proses interaktif antara mahasiswa dengan mahasiswa dan dosen.

Published
2014-07-01
Section
Articles