Analisis Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Dukungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Fast Food pada Siswa Smp “X” di Banyuwangi

Penelitian Korelasional

Keywords: dukungan sosial, fast food, konsumsi siswa, pengetahuan, sikap

Abstract

Perilaku konsumsi fast food pada jangka waktu panjang akan berdampak negative terhadap kondisi kesehatan siswa. Terdapat faktor-faktor yang menjadi pemicu atau memiliki hubungan terhadap perilaku konsumsi fast food di kalangan pelajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor pengetahuan, sikap, dan dukungan sosial terhadap perilaku konsumsi fast food pada siswa SMP “X” di Banyuwangi. Desain yang digunakan yaitu analitik cross-sectional. Sampel sejumlah 98 siswa di SMP “X” di Banyuwangi yang sesuai dengan kriteria inklusi. Uji statistik yang digunakan yaitu uji rank-spearman dan regresi logistik. Mayoritas pengetahuan responden berada pada kategori kurang, sikap berada pada kategori positif, serta dukungan sosial berada pada kategori kuat. Terdapat hubungan positif pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), dan dukungan sosial (p=0,000) terhadap perilaku konsumsi fast food pada siswa SMP “X” di Banyuwangi. Faktor dukungan sosial memiliki hubungan paling dominan terhadap perilaku konsumsi fast food, diikuti oleh faktor sikap dan pengetahuan. Perlu adanya upaya untuk menurunkan perilaku konsumsi fast food di sekolah melalui edukasi kesehatan terkait bahaya konsumsi fast food bagi kesehatan siswa dengan melibatkan orang tua dan guru

Author Biographies

Haswita Haswita, Stikes Rustida

Community Nursing Department

Rizky Mega Safitri, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rustida

Program Studi DIII Keperawatan, Stikes Rustida

Published
2024-12-31
Section
Articles