Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Pemilihan Kontrasepsi IUD pada Wanita Usia Subur di Desa Sepanjang Wilayah Kerja Puskesmas Sepanjang Kabupaten Banyuwangi Tahun 2013

  • Henry Sutanti Puskesmas Sepanjang Glenmore Banyuwangi, Universitas Kadiri
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Kontrasepsi IUD

Abstract

Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore yang memiliki jumlah akseptor metode non jangka panjang lebih banyak dibandingkan dengan metode jangka panjang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan pemilihan kontrasepsi IUD pada Wanita Usia Subur di Desa Sepanjang Wilayah Kerja Puskesmas Sepanjang Kabupaten Banyuwangi tahun 2013.
Penelitian ini menggunakan desain rancangan kusal yaitu penelitian analitik korelasional atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur di Desa Sepanjang Wilayah Kerja Puskesmas Sepanjang sebanyak 911 orang. Teknik sampling mempergunakan simple random sampling. Alat untuk proses pengumpulan data adalah lembar kuesioner, selanjutnya dianalisa dengan uji statistik chi square dengan α = 0.05.
Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji X2 didapatkan X2 hitung 17.544 pada taraf signifikansi (2-sided) 0.00 lebih kecil dari df 2 dengan α 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Sedangkan analisis hubungan sikap dengan pemilihan kontrasepsi dengan menggunakan uji X2 didapatkan X2 hitung 17.544 pada taraf signifikansi (2-sided) 0.00 lebih kecil dari df 2 dengan α 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima.
Pengetahuan mengenai jenis alat dan obat kontrasepsi, efek samping, kontraindikasi, kelebihan, dan kekurangan sangat diperlukan agar para pemakai alat kontrasepsi dapat menggunakan alat kontrasepsi yang berbasis pada rasional, efektivitas, dan efisien. Dalam arti masyarakat mempunyai pengetahuan yang baik mengenai alat kontrasepsi sehingga memiliki kebebasan untuk memilih alat kontrasepsi yang akan digunakan, alat kontrasepsi yang digunakan adalah alat kontrasepsi yang memiliki daya guna yang lebih dari 3 tahun pemakaiannya, dipasang hanya 1 kali pemasangan, serta tingkat pengembalian kesuburan relatif cepat.

Published
2014-07-01
Section
Articles