Game Online terhadap Minat dan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penggunaan Game Online dapan memberikan dampak yang positif dan negative bagi siswa. Dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan Game online dalam berbagai model permainan, fitur dan gambar yang menarik. Sebaliknya, jika para siswa tidak bisa mengngontrol penggunaan dalam bermain game online akan menyebabkan kecanduan da dampak buruk bagi dirinya, salah satunya adalah bisa mempengaruhi minat belajar dan prestasi belajar pada siswa tersebut. Metode yang digunakan adalah metode analitik korelatik melalui pendekatan kuantitatif dengan rencana cross sectional. Populasi pada penelitian iadalah sebanyak 106 anak beserta dengan orang tua, dan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 53 responden, dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner tentang game online, minat belajar dan prestasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah Spearman Rank. Berdasarkan hasil uji korelasi menggunakan Spearman Rank dengan bantuan SPSS didapatkan bahwa X1 tarif signifikan nilai (p) dengan angka 0,078 > 0,05 dan X2 tarif signifikan Sign.(2- tailed) sebesar 0,599 > 0,05. Yang berarti Ha ditolak dan H0 diterima yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan