Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Penatalaksanaan Diare pada Balita 0-5 Tahun di Posyandu Sedap Malam Desa Setail Kecamatan Genteng

  • Yuke Novita Novianti Prodi D-III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
  • Rizky Yulia Purwitaningtyas Prodi DIII Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
  • Siswoto Hadi Prayitno Prodi D-III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
Keywords: Pengetahuan, Balita, Diare

Abstract

Penatalaksanaan awal yang tepat pada penyakit diare sangat penting untuk menghindari masalah komplikasi yang mungkin dapat terjadi terutama pada balita. Kendala utama pada penatalaksanaan tersebut yaitu karena keterbatasan pengetahuan yang mungkin dimiliki oleh ibu. Penelitian ini mencoba untuk membuktikan apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan penatalaksanaan diare pada balita 0-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan studi korelasi dengan pendekatan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu ibu yang memiliki balita usia 0-5 tahun, dan sampel penelitiannya sebanyak 70 responden, variabel independen adalah tingkat pengetahuan ibu. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Analisa data yang digunakan adalah secara deskriptif, dan uji statistic menggunakan spearmen’s rho.
Hasil uji statistik ukungan keluarga dengan kepatuhan pada penderita diabetes mellitus didapatkan hasil p = 0,000 dimana α > 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu secara statistik ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu dengan penatalaksanaan diare pada balita.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan ibu sangat berpengaruh dengan penatalaksanan awal yang akan diberikan ibu saat balita mengalami diare. Faktor lain yang berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan ibu yaitu seberapa seringnya ibu menerima informasi mengenai penyakit diare dan penatalaksanaannya pada balita.

Author Biographies

Yuke Novita Novianti, Prodi D-III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida

Prodi D-III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida

Siswoto Hadi Prayitno, Prodi D-III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida

Prodi D-III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida

Published
2022-07-15
Section
Articles