Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Hipertensi pada Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Genteng Kulon

  • Rizky Yulia Purwaningtyas Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
  • Haswita . Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida
Keywords: Hipertensi Kehamilan, faktor-faktor hipertensi

Abstract

Hipertensi pada kehamilan merupakan penyakit tidak menular penyebab kematian maternal (Alatas, 2019). Usia 20-30 tahun adalah periode paling aman untuk hamil atau melahirkan. Wanita yang berada pada awal atau akhir usia reproduksi, dianggap rentan mengalami komplikasi kehamilan (Rohmani, Setyabudi, & Puspitasari, 2013)
Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan hipertensi pada kehamilan di wilayah kerja Puskesmas genteng kulon.
Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional, yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko efek dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (Point Time Approach) (Notoatmodjo, 2010). Data dianalisis menggunakan uji Chi Square (X²).
Berdasarkan uji statistik multivariat didapatkan hasil riwayat hipertensi dengan p=0,037 dimana hal tersebut dapat diartikan sebagai yang paling bermakna atau yang paling berhubungan dengan hipertensi pada kehamilan.
Riwayat hipertensi kronis yang dialami selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi dalam keamilan, dimana komplikasi tersebut dapat mengakibatkan preeklampsia dan hipertensi kronis dalam kehamilan.

Published
2020-07-01
Section
Articles