Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di TK Nurul Husada Kalibaru Banyuwangi

  • Yeni Andriani Dosen Program Studi Diploma Kebidanan Akademi Kesehatan Rustida
  • Vita Raraningrum Dosen Program Studi Diploma Kebidanan Akademi Kesehatan Rustida
  • Rizky Dwiyanti Yunita Dosen Program Studi Diploma Kebidanan Akademi Kesehatan Rustida
Keywords: Perkembangan anak, anak usia pra sekolah

Abstract

Anak usia pra sekolah merupakan anak yang berusia antara 3-6 tahun. Usia pra sekolah disebut juga masa emas (golden age) karena pada usia ini pertumbuhan dan perkembangan anak berkembang sangat cepat di setiap aspek perkembangannya. Perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik merupakan modal dasar dan mempunyai peran utama dalam mencapai hasil akhir proses perkembangan. Lingkungan merupakan faktor yang sangat menentukan tercapai tidaknya potensi genetik. Faktor lingkungan yang terbesar pada anak adalah keluarganya sendiri, stimulasi dari orang terdekat dapat membantu anak untuk mencapai perkembangan dalam usianya. Hal ini didukung oleh tingkat pendidikan yang ada pada orang tua untuk memberikan variasi stimulasi agar perkembangan anak sesuai dengan usianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK Nurul Husada Kalibaru.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik yang dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif serta pendekatan Cross Sectional. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia pra sekolah dan orang tua. Teknik analisis data bivariat menggunakan uji Chi Square dan multivariat menggunakan uji Regresi Logistik Ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh faktor stimulasi (OR=0.67; CI95% 0.86 s.d 5.23; p=0.703), terdapat pengaruh faktor pendapatan keluarga (OR=17.5; CI95% 2.14 s.d 143.5; p=0.008) dan faktor pendidikan orang tua (OR=6.07; CI95% 0.89 s.d 41.18; p=0.065) terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK Nurul Husada Kalibaru Banyuwangi.
Pendapatan keluarga yang tinggi dapat membeli makanan yang bergizi sehingga perkembangan anak sesuai dengan usianya akan tetapi semuanya lebih baik lagi bila pendidikan orang tua tinggi.

Published
2019-01-07
Section
Articles