Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Tidak Terkendali Pada Dewasa Muda Di Wilayah Kerja Puskesmas Genteng Kulon

  • Rizki Yulia P Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan “Rustida”
  • Firdawsyi Nuzula Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan “Rustida”
Keywords: Hipertensi Tidak Terkendali, Dewasa Muda

Abstract

Hipertensi yang tidak terkendali dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi sehingga pemahaman yang tepat terhadap faktor resiko dari hipertensi merupakan salah satu kunci untuk mencegah terjadinya penyakit hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi tidak terkendali pada dewasa muda.
Penelitian ini merupakan penelitian epidemiologi yang bersifat observasional analitik dengan desain Case Control Study. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel 30 orang kelompok kontrol dan 30 orang kelompok kasus. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square (X²) dan analisis multivariate dengan regresi logistic.
Hasil analisis regresi logistic ganda menunjukkan bahwa dengan CI 95% didapatkan faktor status gizi (IMT) OR=2,848, aktivitas fisik OR=0,362 dan kepatuhan minum obat OR=0,111. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hanya status gizi (IMT) yang berhubungan dengan kejadian hipertensi tidak terkendali dan secara statistik signifikan.
Obesitas merupakan ciri khas pada populasi hipertensi. Curah jantung dan volume darah penderita obesitas dengan hipertensi lebih tinggi dibandingkan dengan penderita yang memiliki berat badan normal dengan tekanan darah yang setara. Akibat obesitas, para penderita cenderung menderita penyakit kardiovaskuler, hipertensi dan diabetes melitus.

Published
2019-01-07
Section
Articles